MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA TARUNA AKADEMI MARITIM DJADAJAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Wuryani
Pratiwi Dewi Indah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: kualitas keaktifan proses pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan menerapkan metode kooperatif tipe Jigsaw pada taruna Akademi Maritim Djadajat angkatan 52Prodi Nautika TP 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini subjeknya adalah taruna prodi nautika tingkat I-A berjumlah 32 taruna yang terdiri atas 30 taruna dan 2 taruni. Objek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berbicara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskripsi komparatif dan analisis interaktif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran berbicara, ditandai dengan meningkatnya jumlah taruna yang mencapai batas ketuntasan, yaitupada siklus I ada 24 taruna (75 %), pada siklus II ada 30 taruna (95%), dan pada siklus III ada 32 taruna (100%). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan taruna, proses dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara taruna.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##